Bahasa assembly merupakan bahasa komputer yang kedudukannya di antara bahasa mesin dan bahasa tingkat tinggi. Misalnya bahasa C atau Pascal. Bahasa C atau Pascal dikatakan sebagai bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata dan pernyataan yang mudah dimengerti manusia, meskipun masih jauh berbeda dengan bahasa manusia sesungguhnya. Bahasa mesin yaitu kumpulan kode biner yang merupakan instruksi yang dapat dijalankan oleh komputer. Sedangkan bahasa assembly menggunakan kode mnemonic untuk menggantikan kode biner agar lebih mudah diingat sehingga lebih memudahkan penulisan program.
Program yang ditulis dengan bahasa assembly terdiri dari label, kode mnemonic dan lain sebagainya. Pada umumnya dinamakan sebagai program sumber atau source code yang belum bisa diterima oleh prosesor untuk dijalankan sebagai program. Namun harus diterjemahkan terlebih dahulu menjadi bahasa mesin dalam bentuk kode biner. Program sumber dibuat dengan program editor biasa, misalnya Notepad pada Windows atau SideKick pada DOS. Selanjutnya program sumber diterjemahkan ke bahasa mesin dengan menggunakan program Assembler. Hasil kerja program Assembler yaitu “program objek” dan “assemly listing”.
Program objek berisikan kode-kode bahasa mesin. Kode-kode bahasa mesin inilah yang diumpankan ke memori program prosesor. Biasanya dalam dunia mikrokontroler program objek ini diisikan ke UV EPROM dan khusus untuk mikrokontroler buatan Atmel, program ini diisikan ke dalam Flash PEROM yang ada di dalam chip AT89C51 atau AT89C2051. Assembly listing merupakan naskah yang berasal dari program sumber, dalam naskah tersebut pada bagian sebelah setiap baris dari program sumber diberi tambahan hasil terjemahan program Assembler. Tambahan tersebut berupa nomor memori program berikut dengan kode yang akan diisikan pada memori program yang bersangkutan. Naskah ini sangat berguna untuk dokumentasi dan sarana untuk menelusuri program yang ditulis.
Hal yang perlu diperhatikan adalah setiap prosesor memiliki konstruksi, instruksi untuk mengendalikan masing-masing prosesor yang berlainan, dengan demikian bahasa Assembly untuk masing-masing prosesor juga berlainan. Hal yang sama hanyalah pola dasar cara penulisan program Assembly saja.
Konstruksi Program Assembly
Program
sumber dalam bahasa Assembly menganut prinsip 1 baris untuk satu perintah,
setiap baris perintah tersebut bisa terdiri atas beberapa bagian (field), yakni
bagian Label, bagian mnemonic, bagian operand yang bisa lebih dari satu dan
terakhir bagian komentar. Untuk
membedakan masing-masing bagian tersebut dibuat ketentuan sebagian berikut :
•
Masing-masing bagian dipisahkan dengan spasi atau TAB, khusus untuk operand
yang lebih dari satu masing-masing operand dipisahkan dengan koma.
•
Bagian-bagian tersebut tidak harus semuanya ada di dalam sebuah baris. Jika ada satu
bagian yang tidak ada maka spasi atau TAB sebagai pemisah bagian tetap harus
ditulis.
• Bagian label ditulis mulai huruf pertama dari baris. Jika baris yang bersangkutan tidak mengandung label, maka label tersebut digantikan dengan spasi atau TAB, yakni sebagai tanda pemisah antara bagian label dan bagian mnemonic.
Label mewakili nomor memori program dari instruksi pada baris bersangkutan. Pada saat menulis instruksi JUMP, label ini ditulis dalam bagian operand untuk menyatakan nomor memori program yang dituju. Dengan demikian label selalu mewakili nomor memori-program dan harus ditulis di bagian awal baris instruksi. Selain label dikenal juga symbol, yakni satu nama untuk mewakili satu nilai tertentu dan nilai yang diwakili bisa apa saja tidak harus nomor memori-program. Cara penulisan symbol sama dengan cara penulisan label, harus dimulai di huruf pertama dari baris instruksi.
Mnemonic berarti sesuatu yang memudahkan diingat merupakan singkatan perintah. Mnemonic dikenal ada dua macam, yakni mnemonic yang digunakan sebagai instruksi mengendalikan prosesor, misalnya ADD, MOV, DJNZ dan lain sebagainya. Ada juga mnemonic yang digunakan untuk mengatur kerja dari program Assembler misalnya ORG, EQU atau DB, mnemonis untuk mengatur kerja dari program Assembler ini dinamakan sebagai ‘Assembler Directive’. Operand adalah bagian yang letaknya di belakang bagian mnemonic, merupakan pelangkap bagi mnemonic. Jika sebuah instruksi diibaratkan sebagai kalimat perintah, maka mnemonic merupakan subjek (kata kerja) dan operand yang berarti objek (kata benda) dari kalimat perintah tersebut.
Tergantung pada jenis instruksinya, operand bisa berupa berbagai macam hal. Pada instruksi JUMP operand berupa label yang mewakili nomor memori program yang dituju misalnya LJMP Start. Pada instruksi untuk pemindahan atau pengolahan data, operand bisa berupa symbol yang mewakili data tersebut, misalnya ADD A,#Offset. Banyak instruksi yang operandnya adalah register dari prosesor, misalnya MOV A,R1. Bahkan ada juga instruksi yang tidak mempunyai operand, misalnya RET. Komentar merupakan bagian yang sekedar sebagai catatan, tidak berpengaruh pada prosesor juga tidak berpengaruh pada kerja program Assembler, tapi bagian ini sangat penting untuk keperluan dokumentasi.
Assembler Directive
Seperti sudah dibahas di atas, bagian Mnemonic dari sebuah baris perintah bisa merupakan instruksi untuk prosesor, maupun berupa Assembler Directive untuk mengatur kerja dari program Assembler. Mnemonic untuk instruksi prosesor, sangat tergantung pada prosesor yang dipakai, sedangkan mnemonic untuk Assembler Directive tergantung pada program Assembler yang dipakai. Meskipun demikian, terdapat beberapa Assembler Directive yang umum, yang sama untuk banyak macam program Assembler.
A ORG – singkatan dari ORIGIN, untuk menyatakan nomor memori yang dipakai setelah perintah itu, misalnya ORG $1000 maka memori berikutnya yang dipakai Assembler adalah $1000. ORG berlaku untuk memori program maupun memori-data. Dalam hal penomoran memori, dikenal tanda $ sebagai awalan untuk menyatakan nomor memori dari baris bersangkutan. Misalnya, ORG 1000 dan LJMP $+1000
Operand
$+$500 mempunyai arti nomor memori-program bersangkutan ditambah dengan $500,
karena instruksi LJMP ini terletak persis di bawah ORG $1000 maka nomor
memori-program baris ini adalah $1000, sehingga operand $+$500 bernilai $1500
dan instruksi ini indentik dengan LJMP $1500
• EQU – singkatan dari EQUATE, dipakai untuk menentukan nilai sebuah Symbol.
Misalnya Angka88 EQU 88 memberi nilai 88 pada Symbol Angka88, atau CR EQU $0D mempunyai makna kode ASCII dari CR (Caarriage Return) adalah $08.
• DB
– singkatan dari DEFINE BYTE, dipakai untuk memberi nilai tertentu pada
memori-program. Nilai tersebut merupakan nilai 1 byte, bisa berupa angka
ataupun kode ASCII. DB merupakan Assembler Directive yang dipakai untuk
membentuk teks maupun tabel.
ORG
$0200
STRING DB ‘Atmel AT89C2051’
PANJANG EQU $-STRING
ORG $0200 memerintahkan program Assembler agar bekerja mulai dari memori-program nomor $0200, instruksi selanjutnya memerintahkan program Assembler agar mengisi memori-program nomor $0200 dan berikutnya dengan tulisan ‘Atmel AT89C2051’’ (yang diisikan adalah kode ASCII dari ‘A’, ‘t’ dan seterusnya), PANJANG dari STRING bisa dihitung dengan cara PANJANG EQU $-STRING, yakni selisih dari nomor memori-program baris bersangkutan dikurangi dengan nomor awal memori-program yang diisi STRING.
• DW – singkatan dari DEFINE WORD, dipakai untuk memberi nilai 2 byte ke memori-program pada baris bersangkutan. Assembler Directive ini biasa dipakai untuk membentuk suatu tabel yang isinya adalah nomor-nomor memori-program.
• DS – singkatan dari Define Storage, Assembler Directive ini dipakai untuk membentuk variable. Sebagai variabel tentu saja memori yang dipakai adalah memori-data (RAM) bukan memori-program (ROM). Hal ini harus benar-benar dibedakan dengan Assembler Directive DB dan DW yang membentuk kode di memori-program. Dan karena DS bekerja di RAM, maka DS hanya sekedar menyediakan tempat di memori, tapi tidak mengisi nilai pada memori bersangkutan.
0 on: "Dasar Program Bahasa Assembly"